Factor-faktor demografi : • Jenis kelamin • Umur • Hobby •
Penghasilan • Pendidikan • Domisili • Wilayah • Agama Seberapa jauh pengaruh
factor” tersebut yang melekat pada diri seseorang, mari kita lihat pengaruhnya.
Jenis kelamin : ada laki-laki dan
perempuan itu jenis kelamin yang mungkin berbeda cara pembelian mereka
masing-masing, seperti halnya perempuan yang suka berkemas diri atau setiap
waktu untuk berkaca, mungkin pembelian mereka lebih ke bahan kosmetik, berbeda
dengan laki-laki, laki-laki cenderung tidak memperhatikan gaya mereka yang
cukup over atau berlebihan yang penting berpakaian rapih saja, pria hanya
membutuhkan gel pengering rambut, parfum dan sisir.
Pengeluaran yang dikelurkan sehari-hari tidak cukup banyak dari
apa yang dikeluarkan perempuan yang suka mempercantik diri, berkemas-kemas dan
berdandan. Perempuan akan mengeluarkan uang untuk membeli bahan kosmetik.
Adapula contoh dari pembelian HP/gadget yang sedang berkembang di masyarakat
luas yang canggih dan lebih inovatif, ada yang memiliki unsur dominan dalam
pada HP yang menjadi fungsi utama HP tersebut. Ada pula semua fungsi yang dikeuarkan
di HP lengkap, misalnya yang lebih dominan HP memiliki kamera dengan ukuran
mega pixels yang lebih besar dan kualitas gambarnya yang tajam dan cocok untuk
berfoto-foto bagi wanita yang suka berfoto-foto, tetapi unsure-unsur yang lain
seperti MP3, dan aplikasi-aplikasinya dibuat sesederahana mungkin, tapi HP itu
memiliki keunggulan yaitu dengan unsur fotonya lebih menarik. Ada pula internet
yang cepat dan koneksinya tidak lelet untuk mereka bersosialisai di berbagai
media social, sedangkan yang lain dibuat sederhana. Pria misalnya, ingin
membeli semua aplikasi dan fiturnya lengkap dan yang cukup menarik. Seperti
aplikasi, gambar-gambar yang dibuat sendiri menjadi wallpaper di HP, yang
benar-benar hidup, bagi pria yang suka berkreasi seni nya yang tinggi, kamera
untuk fungsi gambarny lebih tajam, MP3 yang mempunyai suara bagus, jernih dan
keras tapi terlihat kualitas suara nya yang bagus dan internet yang lebih
cepat, browsing, dan lain sebagainya yang menjadi pertimbangan pemeblian dari
masing-masing orang, baik laki-laki maupun perempuan, sesuai kebutuhan mereka
masing-masing.
Umur : umur merupakan
suatu pertumbuhan atau perkembangan manusia yang bertambah usia dari mereka
lahir hingga tua. Kebutuhan seorang anak misalnya waktu SD, berbeda dengan
tingkatan SMP, SMA, dan kuliah atau bekerja. Di zaman sekarang, contohnya saja
HP, mungkin kalau ditanya dan disurvei anak SD sudah memegang HP
yang cukup canggih dibandingkan kebanyakan orang yang memegang HP sesederhana
mungkin. Dahulu , jarang yang memegang HP, bahkan tidak semua anak SD punya HP,
dari SMP ke SMA, misalnya mempunyai HP yang memiliki fitur dan
aplikasi-aplikasi yang menunjang serta social media untuk bersosialisasi di
dunia maya, spesifikasinya mereka tahu, bahkan harganya pun mereka mengetahui
mana yang cocok untuk kalangan anak SMA, selain itu untuk komunikasi, juga bisa
aplikasi-aplikasi yang lainnya. Kalangan kuliah dan pekerja punya pandangan
berbeda mengenai HP, selain untuk komunikasi mereka yang semakin meluasnya
dengan teman maupun rekan sekerja dan sekoleganya mereka. Yang bekerja
mempunyai HP cukup canggih di dalam penggunannya, komunikasi dan informasi yang
up to date yang bisa mereka jelajahi dalam HP yang canggih. Misalnya saja
indeks harga saham, pemasaran produk, model pemasaran, dan jual beli barang,
mereka bisa mengetahui semuanya lewat jaringan dan koneksi yang baik serta alat
penunjang lainnya.
Hobby : setiap orang
mempunyai hobby berbeda-beda, misalkan saja ada orang yang hobby olahraga,
menggambar, menulis dan sebagainya. Seperti menggambar dan mengedit-edit foto, mengutak-utik aplikasi dan warna-warna
yang ada di dalam HP atau game yang ada di HP, tergantung hobby mereka
masing-masing, sekarang ada HP yang memilki kualitas dan fitur-fitur yang
lengkap yang menjadikan atau membuat seseorang menuangkan hobbynya di dalam HP yang memilki fungsi tersebut. Ada yang sering hobby berbelanja ,
yaitu dengan kita mengaksesnya melalui internet, tinggal cari saja alamat email
untuk jual beli barang, dengan berhubungan melalui dunia maya dengan penjual,
tetapi kelemahannya yaitu, terjadi penipuan, bahkan barang yang dibelinya
kurang memuaskan. Maka dari itu, hobby setiap orang berbeda dengan lainnya.
Produsen sudah mengerti apa yang menjadi kebutuhan konsumbe dengan melihat
hobby mereka.
Penghasilan : penghasilan
merupakan pendapatan dari apa yang mereka dapatkan melalui hasil kerja mereka
maupun penggajian mereka terhadap hasil kerja mereka. Penghasilan orang berbeda dengan yang lainnya ada yang merasa
cukup dengan penghasilan mereka, ada yang kurang, dan ada yang lebih besar.
Oleh karena itu, penghasilan mempengaruhi pembeli untuk memilih barang yang
ada. Kita mengukur dengan tingkat penghasilan bukan berdasarkan kebutuhan untuk
membeli suatu barang. Kalau kita memilih kebutuhan mungkin banyak yang kita
butuhkan dalaam membeli barang ini itu dan sebagainya, tetapi kalau di ukur
dengan penghasilan, kita bisa membeli barang yang menurut kita pas dengan penghasilan. Misalkan saja, kita
ingin membeli HP, kita menginginkan fitur-fitur yang lengkap, aplikasi yang
lengkap dan jaringan internet yang mendukung dan sebagainya, sebagaimana yang
menurut kita fasilitas yang ada sudah menunjang semuanya, tapi apakah cocok
dengan penghasilan kita sehari-hari. Kita akan berpikir dua kali untuk membeli
HP itu bahkan rela mengorbankan apapun untuk membeli HP yang kita inginkan.
Produsen bisa menjawab itu semua, karena sekarang banyak HP yang berkualitas dan
cocok dengan penghasilan. Karena bagaimanapun juga kebutuhan yang klita
butuhkan banyak. Tapi kita harus melihat dari sisi penghasilan yang di miliki.
Pendidikan : pendidikan adalah
tingkat di mana memperoleh pengetahuan melalui lembaga maupun sekolah-sekolah.
Pendidikan ini merupakan suatu proses pembelajaran seseorang dari tingkat SD,
SMP, SMA dan Sarjana. Semakin tingkat pendidikan kita tinggi semakin bijak dan
pintar dalam mengambil suatu keputusan apa yang dan berfikir secara rasional. Dalam pembelian produk HP
misalkan, kalau orang orang yang memiliki pendidikan yang tinggi mereka mencari
tahu terlebih dahulu Hp apa yang cocok untuk dirinya dengan spesifikasi dan
fiturnya, harga juga menjadi prioritas dalam pembelian, karena banyak HP yang
mahal tapi kualitasnya belum tentu cukup dan sebaliknya banyak HP yang murah
belum tentu kualitas HP itu sendiri bagaimana. Kalau dari yang tidak tahu
tentang HP misalkan saja, misalkan saja seseorang ingin membeli HP, tapi mereka tidak tahu apa kegunaanya dan apa
yang dibutuhkan dari pembeli, sehingga menimbulkan kesan, mereka meresa ditipu
atau salah paham tentang produk yang diberikan informasi kepada penjual. Maka
setiap orang harus bijak dalam membeli barang baik yang dari golongan bawah
hingga golongan atas.
Domisili : tempat tinggal
mempengaruhi gaya kehidupan kita dalam berprilaku di luar, entah tempat tinggal
kita baik atau buruk sekalipun. Ada yang terpengaruh terhadap lingkungan tempat
tinggal, ada yang tidak terpengaruh. Dalam pembelian produk, contohnya HP. Dalam tempat tinggal/lingkungan kita, sering orang
memamerkan gaya hidupnya dengan HP, maka kita pun akan tergiur dan terpengaruh
terhadap apa yang mereka tunjukan kepada kita,baik secara langsung maupun
secara tidak langsung, sehingga kita menginginkan untuk membeli barang
tersebut, dengan mencari tahu HP yang sedang trend di tempat tinggal kita.
Itulah yang disebut trend masyarakat yang contohnya HP. Dalam tempat tinggal/lingkungan kita, sering orang
memamerkan gaya hidupnya dengan HP, maka kita pun akan tergiur dan terpengaruh
terhadap apa yang mereka tunjukan kepada kita,baik secara langsung maupun
secara tidak langsung, sehingga kita menginginkan untuk membeli barang
tersebut, dengan mencari tahu HP yang sedang trend di tempat tinggal kita. Itulah
yang disebut trend masyarakat yang ada di tempat tinggal kita. Setiap orang mampu mempengaruhi
lingkungan sekitar maupun orang lain untuk membeli barang dan kita pun ikut
untuk membeli barang tersebut, karena sedang trend atau model yang sekarang booming.
Oleh karena itu, tempat tinggal merupakan suatu factor demogafi yang dikaitkan
dengan pembelian, tapi dalam konteks kecil, karena kita hanya melihat dari
kehidupan sehari-hari dan lingkungan sekitar.
Wilayah : wilayah adalah
cakupan yang luas dari tempat tinggal kita atau lingkungan kita sehari-hari
yang sudah dibicarakan sebelumnya, kita sekarang melihat dari wilayah yang cakupannya luas. Dalam wilayah seseorang mampu mempengaruhi kita
dalam membeli, contohnya saja, wilayah benua eropa sedang trend apa dan sedang
booming apa. Kalau dilihat dari benua, misalkan saja HP. HP yang sedang trend
dibeberapa wilayah masing-masing, seandainya wilayah Indonesia dengan wilayah
jepang. Jepang memproduksi barang HP yang berkualitas tinggi dan lagi trend di masyarakat luas, sehingga masyarakat Indonesia secara
tidak langsung ikut terpengaruh dengan banyaknya informasi dan pencari
kebutuhan apa saja yang sedang trend seperti, mobil, motor dan lainnya,
meskipun setiap wilayah memiliki barang yang di konsumsinya, tapi secara tidak
langsung mempengaruhi setiap wilayah lainnya.
Agama : agama juga bisa
menjadi pendukung dalam pembelian setiap masyarakat. Contohnya saja, sekarang banyak pasar yang mendirikan bangunan atau membuat
pasar berala muslim dengan gaya tempatnya yang menjual berbagai macam barang.
Negara Indonesia adalah penduduk yang kebanyakan penganutnya agama islam,
sehingga mereka mengambil kesempatan untuk membuat pasar ala muslim. Dilihat
dari HP mislakan, ada HP yang memiliki fitur seperti itu, dan didalmnya berisi
informasi tentang jadwal-jadwal shalat, tulisan arab, dan ayat-ayatnya. Bila puasa tiba, kita
bisa melihat jadwal sahur dan waktu berbuka yang sudah diset di dalam HP
tersebut. Ini merupakan kesempatan produsen dalam memproduksi sebuah barang.
Kesimpulan
Dari semua data di atas maka saya memilih Blackberry sebagai alat utama
untuk berkomunikasi disamping harganya yang relative lebih mahal dibanding
handphone jenis lain tp kualitas dan kegunaannya sesuai dengan harganya.
Dari sisi aplikasi Blackberry juga tidak kalah bagus dibanding handphone
jenis lainnya , banyak fitur-fitur yang memudahkan kita untuk mencari hal-hal
yang kita inginkan, misalnya jadwal shalat, market update, dll.
Blackberry adalah pilihan saya!
0 komentar:
Posting Komentar